Selamat Datang

Monday, February 11, 2013

Reading Habit

Kalau boleh saya bilang, rajin membaca itu HARUS. Kenapa? karena dengan membaca itu dari kita yang 'tidak tahu' menjadi 'tahu' dan dari kita yang 'tahu' menjadi 'semakin tahu' right?

Apapun itu bukunya, mulai dari buku novel, buku komik, itu tidak masalah! dengan catatan buku yg "positif" gitu ya hehe, semuanya boleh-boleh saja dilakukan, karena apa? yang perlu kita tanamkan disini adalah reading habit atau kebiasaan membaca. Kebiasaan ini kita tumbuhkan dulu, nanti urusan buku bacaan atau koleksi nya kita seleksi lebih baik lagi, bukan begitu?

Tapi kalau ada orang yang sudah bilang bahwa dia tidak suka membaca, dikasih novel nggak mau, komik nggak mau, majalah nggak mau, bahkan koran nggak mau. Ini yang jadi masalah! Thats a big problem! Bahkan di Agama manapun kita diwajibkan untuk membaca yang namanya Kitab suci. Tidak boleh tidak!

Ketika saya bertemu murid dan dia tidak mau membaca, dia berani nyeletuk:
"Emang sih dengan membaca itu jadi banyak tahu. . .
kalau jadi tahu nanti kita banyak pikiran. . .
kalau banyak pikiran nanti lupa segalanya. . .
jadi ya nggak usah baca. . ."

Stop! hati-hati dengan keyakinan seperti ini. Walaupun bercanda, tapi mungkin saja ada beberapa orang yang tidak sadar bahwa ini bisa menjadi keyakinan mereka. Dengan keyakinan seperti ini mereka tidak akan pernah membaca. Dan saya berani jamin 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun lagi dan seterusnya. . . hidupnya tidak akan berubah, ilmunya tidak akan bertambah!

Padahal otak manusia didesain dengan sangat2 Maha dahsyat sekali bisa merekam apa saja, bahkan Einstein yang jenius pun hanya menggunakan 7% dari potensi akal pikirannya karena rata-rata manusia hanya menggunakan 3%-4% akal pikirannya.


Nah kembali lagi. . .
'Banyak baca, banyak tahu'. itu good! bagaimana dengan pertanyaan tadi, "kalau lupa gimana ya?" Gampang! tinggal baca lagi biar ingat dan kita akan menjadi tahu lagi' bukan begitu. . . .? Karena pengulangan adalah ibu dari semua keterampilan. Catat ini. Terus ulangi dan ulangi lagi sampai kita bener-bener tahu dan paham.

Dengan keyakinan inilah anda tidak akan pernah berhenti membaca. Simpan keyakinan ini dalam-dalam, sampai masuk pikiran bawah sadar :)

Dikatakan oleh Jim Rhon, Guru dari Anthony Robbins, seorang motivator sukses kelas dunia 'Every leader is a reader', yang berarti bahwa semua pemimpin adalah orang yang jago membaca dan senang membaca.
Bahkan Rumah di Amerika yang harganya lebih dari $250.000 atau sekitar Rp 2,5 Miliar itu selalu ada perpustakaannya. Hal ini sangat menarik sekali untuk di analisis. Bisa jadi karena dia kaya lalu membangun perpustakaan, bisa jadi juga dia senang membaca, dirumah punya perpustakaan, lalu dia menjadi kaya :)

Membaca 1 buku sama dengan belajar pengalaman 1 orang karena biasanya satu buku ditulis oleh satu orang. Dan biasanya orang menulis buku diusia 40 tahun. 1 buku sama dengan belajar pengalaman orang selama 40 tahun. Membaca 1 buku setiap bulan selama 1 tahun sama dengan belajar pengalaman orang selama 480 tahun. Wow! Suatu hal yang tidak bisa kita dapatkan dari pengalaman pribadi, karena usia orang hidup sekitar 63 tahun.

Nah kebiasaan-kebiasaan inilah yang membentu kita menjadi pemenang!
Pencundang mencari alasan, pemenang mencari solusi, so, pilih yang mana RAJIN MEMBACA atau tidak mau membaca?
Hahaha lupakan pilihan itu. "MEMBACA bukan pilihan tetapi KEHARUSAN" :)

No comments:

Post a Comment